Selasa, 22 Oktober 2013

Fungsi Own Cloud Storage

Fungsi Own Cloud Storage
Cloud Storage sendiri adalah layanan berbasis Internet yang bisa kita akses dari mana saja. Contoh layanan storage online ini adalah  Dropbox, GoogleDrive, SkyDrive, Box.Net, dan lain lain., Blackberry, Symbian dan lain-lain Own cloud di akses dengan menggunakan berbagai platform (OSX, iOS, Windows, WindowsMobile, Android, Linux).
OwnCloud termasuk dalam kategori Infrastructure as a Service (IaaS) Layanan awan. Dengan ownCloud kita dapat menyimpan file, folder, kontak, audio, galeri foto, kalender dan dokumen lainnya. Kita juga dapat mengakses file dan melakukan sinkronisasi file yang terdapat pada server ownCloud dengan perangkat mobile, desktop, atau peramban web.
Keuntungan dan Kekurangan cloud storage :

Keuntungannya cloud storage :
memang saat ini suah banyak media penyimpanan untuk menyimpan data – data yang kita punya. DVD,cd, flashdisk, disket(masih ada?), harddisk atau yang lainnya. banyak hal yang mungkin tidak diperhintungkan seperti sudah tuanya umur hardisk dan mesti membeli yang baru, atau karena suah penuh hardisknya maka perlu membeli yang baru dan membuat backup data – data penting. lalu memasukannya ke hardisk baru. flashdisk?  kadang sebuah flahhdisk dapat membuat bayak masalah, contoh lupa membawanya, hilang saat dipakai, lupa menaruhnya, padahal data – data yang ada pada flashdisk itu rata – rata adalah adalah data penting.  Saat ini dengan tingkat kebutuhan yang tinggi maka tempat datapun menjadi salah satu kebutuhan. lalu apa untungnya cloud storage? Para penyedia layanan ini menggunakan ratusan server untuk menyimpan file-file. Karena tentu saja mereka harus mengadakan maintenance secara berkala. Ruang yang terbatas? Sepertinya ruang yang disediakan sudah lebih dari cukup. Kalo penuh (nggak tau nyimpen apaan aja) tinggal bikin akun baru lagi. Yang paling ditekankan dari keuntungan teknologi ini adalah kemudahan mengakses data-data kita di mana saja dan kapan saja. Keuntungan yang lainnya kita bisa berbagi data dengan teman atau rekan kerja meskipun jarak memisahkan.

Kekurangannya cloud storage :
Memang teknologi hampir pasti mempunyai kelemahan. salah satu kekurangan cloud storage adalah keamanan. ya meskipun sudah berhati – hati tetap saja bisa bocor hehe, Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, entah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang ‘down’. Pengeluaran pun bertambah karena kita harus terhubung dengan internet untuk menggunakannya (kecuali ada yang menyediakan jasa akses internet gratis).

Pengertian Cloud Computing
Pengertian Cloud Computing
Cloud computing atau yang seringkali hanya disebut sebagai cloud adalah era baru penggunaan resource komputer, baik itu hardware maupun software, yang ada di tempat lain (remote location) dan bisa diakses melalui internet network.
Ketika kita mengakses, menggunakan, dan memanfaatkan resource komputer di tempat lain melalui internet, sebenarnya kita tengah memanfaatkan cloud computing. Resource komputer yang ada di remote location tersebut bisa dishare dan digunakan oleh banyak orang melalui internet.
Model Layanan Cloud Computing
Cloud computing memiliki 4 macam model layanan, yaitu Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), Software as a Service (SaaS), dan Network as a Service (Naas).

0 komentar:

Posting Komentar